Pedoman Servis (Literatur)

Tujuan

  • Dapat mencari riwayat kendararaan yang di servis
  • Mampu membaca buku manual dan elektronik manual
  • Dapat menjelaskan penggunaan owner manual

Daftar Isi

  • Pendahuluan
  • Riwayat kendaraan
  • Owner Manual
  • Service Manual
  • Informasi Teknik

Pendahuluan

Teknologi dalam kendaraan selalu berkembang. Fitur-fitur dan sistem-sistem baru selalu dikembangkan pada kendaraan. Hal ini tentunya akan menambah kesulitan teknisi untuk memperbaiki kendaraan jika hanya mengandalkan pengalaman saja.

Untuk memberikan informasi kepada personil servis di seluruh negara, maka setiap pabrikan akan membuat prosedur servis yang tepat. Panduan ini akan di distribusikan menjadi beberapa bentuk pedoman yaitu :

  1. Pedoman reparasi
  2. Wiring diagram
  3. Daftar SST
  4. Informasi fitur kendaraan
  5. Pedoman pemilik
  6. dll

Selain itu juga, kita bisa memanfaatkan beberapa sistem informasi yang ada dibengkel seperti riwayat servis kendaraan.

Riwayat Perbaikan Kendaraan

Sebaiknya setiap pekerjaan servis ataupun pebaikan dicatat dan disimpan dalam sebuah sistem untuk beberapa waktu. Tujuannya agar mekanik dapat mengetahui riwayat pekerjaan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Dan sebaiknya, riwayat kendaraan tersebut juga mudah diakses dan dicari. Sehingga akan lebih mudah jika kita mengambil keputusan ketika bekerja.

Sebagai contoh :

Kita bisa mencari kapan terakhir mobil tersebut ganti part seperti busi ataupun filter.

Apabila kita sedang mengerjakan mobil yang memiliki masalah dan komplain, kita bisa memastikan apa saja yang sudah dikerjakan

Pedoman pemilik

Faktanya …

Kebanyakan buku pedoman pemilik jarang di baca. Sehingga ketika mengalami beberapa masalah, terkadang pemilik mobil lebih memilih ke bengkel.

Ada cukup banyak informasi yang ada di buku ini yang bisa kita gunakan ketika melakukan servis kendaraan.

  1. Bagaimana cara mereset pengingat servis
  2. Spesifikasi cairan dan fluida kendaraan
  3. Standar tekanan ban dan opsi ukuran ban
  4. Jadwal penggantian fluida dan cairan pada kendaraan
  5. Bagaimana me-reset tire pressure monitoring system setelah rotasi ban
  6. dan lain-lain

Contoh :
Pelanggan mengeluhkan lampu indikator TPMS menyala setelah melakukan penggantian ban. Dan ternyata untuk cara reset-nya bisa dilakukan dengan mengikuti petunjuk dari buku pedoman pemilik

Servis Manual

Servis manual ini berisi spesifikasi dan prosedur servis serta petunjuk perbaikan. Anda bisa menemukan beberapa data seperti :

  • Spesifikasi dan kapasitas cairan dan fluida
  • Spesifikasi mesin dan servis rutin
  • Prosedur pengetesan
  • Prosedur servis termasuk dengan spesial tools yang harus digunakan

Beberapa pabrikan mencetak manual dengan pembagian masing-masing. Contohnya :

Informasi Umum yang berisi informasi-informasi umum seperti

  • Peringatan dan aspek-aspek yang harus diperhatikan ketika bekerja
  • Nomer rangka, jenis mesin, transmisi, dll
  • Informasi pengencangan
  • Singkatan-singkatan
  • dll

Informasi pelumas dan servis yang berisi beberapa topik antara lain :

  • Jadwal perawatan berkala
  • Spesifikasi pelumas
  • Titik pelumasan chasis
  • Metode rotasi ban
  • Suku cadang yang harus diganti ketika perawatan berkala

Data-data Mesin, Transmisi, Electrical, AC, Emisi, dll

Banyak sekali informasi dari sistem-sistem yang ada mulai dari cara pembongkaran dan pemasangan, lokasi komponen, wiring diagram, dll

Berikut ini adalah cara menggunakan buku manual pada mobil TOYOTA Innova

Informasi Elektronik yang Lain

Ada banyak sekali permasalahan yang dibahas pada informasi teknis. Beberapa pabrikan menyediakan dalam bentuk elektronik. Beberapa yang dapat diakses adalah :

Electronic Service Information, Beberapa informasi perbaikan ataupun

Technical Service Buletin, dokumen ini berisi isu-isu permasalahan yang sering terjadi pada kendaraan yang sudah di temukan solusinya oleh pabrik. Informasi ini umumnya disertai dengan pemecahan permasalahan dan item suku cadang yang harus diganti

Recall and Campaign, dilakukan pabrikan untuk memanggil kendaraan-kendaraan yang diproduksinya karena mengalami masalah atau kerusakan. Kerusakan ini masuk pada kategori kesalahan pabrik sehingga harus dipanggil dan dilakukan penggantian.

You may also like...

error: Content is protected !!